Kualifikasi Masuk STIP Jakarta

Kualifikasi Masuk STIP Jakarta

Kualifikasi Masuk STIP Jakarta

Oh! Selamat datang, para pembaca! Bagaimana kabar Anda-Anda sekalian? Saya harap baik-baik saja, ya. Saya sendiri merasa luar biasa pada hari ini. Terutama dengan mampirnya Anda kemari di jasakursus.web.id! Tempat dimana Anda bisa menemukan informasi terkini seputar jasa kursus  yang Anda sukai. Jika sebelumnya sudah ada Keuntungan Masuk STAN, maka sekarang akan kami sediakan informasi terbaru Masuk STIP Jakarta untuk Anda semua. Tanpa basa-basi lagi, simak artikel berikut!

Tentang STIP Jakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP Jakarta) adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang dahulu dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) atau Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) Jakarta .Letak kampus STIP Jakarta saat ini berada di Jalan Marunda Makmur Kelurahan Marunda,Kecamatan Cilincing,Jakarta Utara berada di dekat situs cagar budaya rumah Si Pitung dan Pantai Marunda, Cilincing.

Awalnya, STIP Jakarta dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) atau Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP). Sekolah tinggi yang telah berdiri selama lebih dari 50 tahun ini merupakan akademi pelayaran pertama di Indonesia. Peresmiannya pun dilakukan secara langsung oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Setelah berulang kali mengalami perubahan nama, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran pun digunakan secara resmi pada tahun 2000.

 

Kualifikasi Masuk STIP Jakarta

Syarat-Syarat Masuk
STIP Jakarta

1.       Peserta merupakan Warga Negara Indonesia:

2.       Berusia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun.

3.       Persyaratan nilai calon taruna/taruni pola pembibitan dibedakan berdasarkan tahun kelulusan. Dengan catatan nilai yang tertera bukanlah hasil pembulatan:

l  Wajib memiliki nilai rata-rata ujian tidak kurang dari 2,8 (untuk skala 1-4), maupun 7,0 (untuk skala 1-10), atau juga 70,00 ( untuk skala 10-100).

l  Harus memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan untuk 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak boleh kurang dari 2,8 (untuk skala 1-4), atau 7,0 (untuk skala 1-10), atau juga 70,00 ( untuk skala 10-100). Syarat tambahan lainnya adalah di saat pendaftaran ulang, yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan juga mempunyai nilai rata-rata ujian tertulis tidak boleh kurang dari 2,8 (untuk skala 1-4), atau 7,0 (untuk skala 1-10), atau juga 70,00 ( untuk skala 10-100).

4.       Tinggi badan minimal untuk calon taruna 160 cm  serta calon taruni 155 cm.

5.       Memiliki fisik yang sehat, tidak mengalami cacat fisik serta mental, bebas dari penyakit HIV/AIDS serta bebas narkoba.

6.       Calon Taruna tidak memiliki tato atau bekas tato serta tidak ditindik atau mempunyai bekas tindik di seluruh anggota badan, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat dan agama. Hal ini juga berlaku bagi calon Taruni yang tidak diperkenankan memiliki tato atau bekas tato serta tidak ditindik atau mempunyai  bekas tindik pada anggota badan terkecuali telinga serta tidak bertindik atau mempunyai bekas tindik pada bagian telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan).

7.       Memiliki penglihatan yang normal dan tidak mengalami kelainan buta warna yang bersifat parsial maupun total.

8.       Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan suatu kejahatan apapun.

9.       Belum pernah diberhentikan sebagai seorang Taruna atau Taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan atau Perguruan Tinggi lain secara tidak hormat.

10.    Bersedia menaati peraturan yang berlaku pada Pola Pembibitan.

11.    Bersedia untuk diberhentikan secara tidak hormat jika terbukti melakukan tindakan kriminal yang meliputi mengonsumsi dan atau memperjualbelikan narkoba, melakukan tindakan asusila melakukan berbagai tindak kekerasan seperti perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan, dan lain-lain, dan juga tindakan penyimpangan seksual.

12.    Peserta dinyatakan gugur apabila telah terbukti melakukan pemalsuan identitas dan juga dokumen.

13.    Bersedia menandatangani Surat Pernyataan yang dilakukan olah Calon Taruna atau Taruni yang bermaterai Rp6000,-.

14.    Mempunyai surat elektronik (e-mail) yang masih aktif.

 

Masuk STIP Jakarta bukanlah hal yang mudah. Kualifikasinya tidak bisa dianngap sepele dan banyak yang harus dipertimbangkan. Sebaiknya, persiapkan diri dengan matang. Biasakan diri dalam tekanan belajar yang keras. Semoga info Kualifikasi Masuk STIP Jakarta bisa membantu Anda mempersiapkan diri. Jika Anda merasa kesulitan belajar sendiri, tidak ada salahnya untuk mengikuti bimbel STIP Jakarta yang sudah disediakan Brillo Course. Hubungi kami, dan kami siap membantu Anda. Sampai jumpa lain waktu!


"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081390816250
CS 2: 081390816250
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

0 Komentar