Inilah Materi Tes Masuk IPDN Terbaru

Inilah Materi Tes Masuk IPDN Terbaru
Inilah Materi Tes Masuk IPDN Terbaru

Inilah Materi Tes Masuk IPDN Terbaru

Oh! Selamat datang, para pembaca! Bagaimana kabar Anda-Anda sekalian? Saya harap baik-baik saja, ya. Saya sendiri merasa luar biasa pada hari ini. Terutama dengan mampirnya Anda kemari di jasakursus.web.id! Tempat dimana Anda bisa menemukan informasi terkini seputar Jasa Kursus.

Pada artikel sebelumnya sudah ada Kualifikasi STIP Jakarta, maka sekarang akan kami sediakan informasi untuk Materi Tes Masuk IPDN untuk Anda semua. Tanpa basa-basi lagi, simak artikel berikut!

Tentang IPDN

IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeriadalah sebuah lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

IPDN adalah penggabungan dari STPDN dan IIPBerdasrkan Keppres No. 87 Tahun 2004, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan untuk menggabungkan STPDN dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) menjadi IPDN.

Berbeda dari perguruan tinggi pada umumnya, IPDN memberlakukan sistem kumpul-sebar-kumpul dalam pendidikannya. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan para Praja IPDN agar siap ditempatkan di manapun di seluruh Indonesia. Jadi, jika Anda bersekolah di IPDNAnda bisa bersekolah sambil menjelajahi tempat baru yang mungkin belum pernah Anda kunjungi sebelumnya di Indonesia.


Baca Juga : Bimbel IPDN Terbaik


Materi untuk Tes Masuk IPDN

Adapun materi tertulis yang harus di kerjakan bagi para peserta diantaranya adalah :

1. Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Test Intelegensi Umum (TIU)

Test Karakteristik Pribadi (TKP)

Test Wawasan Kebangsaan (TWK)

2. Tes Psikologi, Integrasi dan Kejujuran

Setiap peserta harus melakukan tes yang diujikan termasuk tes tertulis ini. Untuk bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya para peserta harus lulus dalam tes tertulis ini dimana peserta harus memenuhi standar ambang batas nilai yang telah ditentukan.

Inilah Materi Tes Masuk IPDN Terbaru
Inilah Materi Tes Masuk IPDN Terbaru

Adapun nilai ambang batas yang harus dicapai agar bisa melanjutkan ketahap selanjutnya yaitu:

1. Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Test Intelegensi Umum (TIU) : dari 30 soal harus mendapatkan poin minimal 80

Test Wawasan Kebangsaan (TWK) : dari 35 soal harus mendapatkan poin minimal 75

Untuk menyelesaikan SKD para peserta diberi waktu 90 menit dimana dalam test kali ini peserta mendapatkan poin untuk TIU dan TWK adalah

Salah : 0

Benar : 5

Tidak menjawab : 0

Test Karakteristik Pribadi (TKP) : dari 35 soal harus mendapatkan poin minimal 143

Sedangkan untuk test TKP poin yang didapatkan adalah :

Nilai terendah : 1

Nilai tertinggi : 5

Tidak menjawab : 0

2. Tes Psikologi, Integrasi dan Kejujuran

Untuk bisa lolos Psikotes kriteria hasil yang memuasakan yaitu dimana  kita harus bisa menyelesaikan semua soal yang diujikan dan melakukan setiap apa yg diminta dalam soal dengan cepat dan cermat, hal itu mungkin yang perlu kita lakukan untuk bisa menghadapi Psikotes.

Untuk tes Integrasi & Kejujuran kita harus memiliki jawaban yang baik terkait langkah apa yang akan dilakukan dalam setiap kegiatan. Tentunya kita harus memilih jawaban sesuai hati kita untuk mengetahui apakah kita orang yang jujur dan terintegritas atau tidak, karena itu tujuan dari tes ini.

Jika Anda benar-benar ingin masuk IPDN, persiapkan diri dengan matang. Biasakan diri dalam tekanan belajar yang keras. Anda bisa menjadikan Materi Tes Masuk IPDN Terbaru sebagai pedoman belajar. Jika Anda merasa kesulitan belajar sendiri, tidak ada salahnya untuk mengikuti bimbel IPDN yang sudah disediakan Brillo Course. Hubungi kami, dan kami siap membantu Anda. Sampai jumpa lain waktu!


Diskusi lebih lanjut? Yuk, Gabung Grup Telegram atau Grup WhatsApp Brillo Course!
"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
WA: 087763495838
Telp: (0274) 5027095
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

0 Komentar