Syarat Masuk STPI yang Harus Dipenuhi

Syarat Masuk STPI yang Harus Dipenuhi

Syarat Masuk STPI yang Harus Dipenuhi

Selamat datang di jasakursus.web.id! Terpercaya untuk mengatasi masalah Anda. Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana masalah Anda bisa diatasi? Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana mencari solusi yang tepat untuk masalah Anda? Anda datang ke tempat yang tepat, karena kami adalah penyedia jasa kursus yang siap membantu menyelesaikan masalah Anda dan memberikan solusi terbaik.

Pada artikel sebelumnya sudah ada Bimbel STIN Semarang, maka sekarang akan kami sediakan informasi untuk Masuk STPI untuk Anda semua. Tanpa basa-basi lagi, simak artikel berikut!

Tentang STPI

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia - Curug (STPI Curug) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia. STPI Curug terletak di Kecamatan Curug, Tangerang, Provinsi Banten.

STPI memiliki tugas dan fungsi mendidik putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang diakui secara nasional maupun internasional.

Pola pendidikan dan pelatihan bagi setiap peserta didik STPI Curug, mengacu pada pola pendidikan akademis, fisik, mental dan kedisiplinan. Sehingga diwajibkan bagi setiap peserta didik untuk tinggal di Asrama selama diklat berlangsung dengan pengawasan para pembimbing.

Syarat-Syarat Masuk STPI

Sejak tahun 2018 yang lalu, STPI membuka jalur ikatan dinas untuk memberikan kesempatan pada siswa atau siswi lulusan SMA/MA/SMK jurusan tertentu atau Paket C IPA untuk menempuh pendidikan tinggi di STPI sesuai dengan hasil seleksi serta ketentuan yang berlaku. Ada banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika diterima di sekolah ini. Sebab, biaya kuliah gratis serta setelah lulus akan langsung diangkat menjadi pegawai ASN.

Bagi Anda yang tertarik untuk menempuh pendidikan di STPI, sila ikuti persyaratan pendaftaran berikut ini:

Pertama, Persyaratan ijazah kelulusan yang bisa digunakan untuk mendaftar di STPI pada program studi D-IV Penerbang, D-IV TNU (Teknik telekomunikasi dan Navigasi Udara), D-IV LLU (Lalu Lintas Udara), D-IV TLB (Teknik Listrik Bandara), D-III TMB (Teknik Mekanikal Bandara), serta D-III PKP (Pertolongan Kecelakaan Pesawat), yakni:

 

l  SMA atau MA jurusan IPA

l  Paket C jurusan IPA

l  SMK jurusan Teknik Mesin, teknik Ketenagalistrikan, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Elektronika, Teknik Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), serta Teknik Telekomunikasi.

 

Syarat Masuk STPI yang Harus Dipenuhi

Adapun syarat pendaftaran lain sebagaimana persyaratan pendaftaran Sipencatar yang telah dikemukakan oleh Dinas Kemenhub meliputi:

1.       Warga Negara Indonesia;

2.       Usia calon taruna dan taruni maksimal 23 tahun serta minimal 16 tahun per 1 September 2019, khusus untuk prodi:

l  D-III Lalu Lintas Udara minimal berusia 18 tahun pada 1 April 2019:

l  D-IV Lalu Lintas Udara minimal berusia 17 tahun.

3.       Persyaratan nilai yang bukan merupakan hasil pembulatan bagi Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan adalah sebagai berikut:

l  Mempunyai nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan di 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI juga semester gasal kelas XII) lebih dari 7,0 (skala penilaian 1-10)  atau 70,00 (skala penilaian 10-100) atau 2,8 (skala penilaian 1-4) dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan sudah dinyatakan lulus serta mempunyai nilai rata-rata ujian tertulis di ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) atau 70,00 (skala penilaian 10-100) atau 2,8 (skala penilaian 1-4).

4.       Tinggi badan minimal laki-laki 160 cm dan wanita 155 cm ,khusus untuk prodi:

l  Program studi D-III Pertolongan kecelakaan Pesawat minimal tinggi badan 165 cm;

l  Program studi D-IV Penerbang pria minimal tinggi badan 165 cm dan wanita minimal tinggi badan 163 cm;

l  Program studi D-III Operasi Bandar Udara/ Manajemen Bandar Udara pria minimal tinggi badan 165 cm, dan wanita minimal tinggi badan 160 cm.

5.       Berbadan sehat, tidak mengalami cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS dan juga bebas narkoba;

6.       Calon taruna tidak bertato atau memiliki bekas tato serta tidak ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali disebabkan karena ketentuan agama maupun adat;

7.       Calon Taruni tidak bertato maupun bekas tato serta tidak ditindik atau bekas tindik anggota badan lain kecuali telinga dan tidak bertindik ataupun bekas tindik pada bagian telinga lebih dari 1 pasang (telinga kanan dan kiri);

8.       Ketajaman penglihatan normal serta tidak ada kelainan mata seperti buta warna parsial maupun total;

9.       Tidak sedang menjalani maupun terancam hukuman pidana karena melakukan suatu kejahatan;

10.    Belum pernah diberhentikan sebagai Taruna/Taruni pada lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan serta Perguruan Tinggi lain secara tidak hormat;

11.    Bersedia menaati segala peraturan pada Pola Pembibitan;

12.    Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat apabila melakukan tindakan kriminal antara lain mengonsumsi serta memperjual-belikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pengeroyokan, pemukulan, dan lain-lain), dan juga melakukan tindakan asusila maupun penyimpangan seksual;

13.    Dinyatakan gugur jika  terbukti melakukan pemalsuan identitas maupun dokumen;

14.    Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon taruna/taruni (yang ditempel materai 6000 rupiah);

15.    Khusus Program studi  D-III Pertolongan Kecelakaan Pesawat berjenis kelamin pria saja;

16.    Khusus calon Taruna/Taruni program Studi di STTD, bersedia mengikuti pendidikan di kampus yang ditentukan oleh STTD sesuai dengan prodi yang sudah dipilih;

17.    Memiliki email atau surat elektronik yang masih aktif.

 

Masuk STPI bukanlah hal yang mudah. Kualifikasinya tidak bisa dianngap sepele dan banyak biaya yang harus dipertimbangkan. Saran Brillo Course, persiapkan diri dengan matang. Biasakan diri dalam tekanan belajar yang keras. Semoga info Syarat Masuk STPI yang Harus Dipenuhi bisa membantu Anda mempersiapkan diri. Jika Anda merasa kesulitan belajar sendiri, tidak ada salahnya untuk mengikuti bimbel STPI yang sudah disediakan Brillo Course. Hubungi kami, dan kami siap membantu Anda. Sampai jumpa lain waktu!


Diskusi lebih lanjut? Yuk, Gabung Grup Telegram atau Grup WhatsApp Brillo Course!
"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
WA: 087763495838
Telp: (0274) 5027095
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

0 Komentar