Apa itu PIP Semarang? Ini Penjelasannya

Apa itu PIP Semarang? Ini Penjelasannya
Apa itu PIP Semarang? Ini Penjelasannya

Apa itu 
PIP Semarang? Ini Penjelasannya

Oh! Selamat datang, para pembaca! Bagaimana kabar Anda-Anda sekalian? Saya harap baik-baik saja, ya. Saya sendiri merasa luar biasa pada hari ini. Terutama dengan mampirnya Anda kemari di jasakursus.web.id! Tempat dimana Anda bisa menemukan informasi terkini seputar Jasa Kursus unggulan kami.

 

Pada artikel sebelumnya sudah ada Kualifikasi Masuk Poltekip, maka sekarang akan kami sediakan informasi tentang Apa itu PIP Semarang untuk Anda semua. Tanpa basa-basi lagi, simak artikel berikut!

 

Tentang PIP Semarang

PIP Semarang adalah Perguruan Tinggi Kedinasan bidang Pelayaran dan Kepelabuhan yang berada di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. PIP Semarang adalah lembaga dibawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, mengemban tugas mendidik dan melatih pemuda-pemudi lulusan SMA IPA/IPS dan SMK Jurusan Mesin/ Pelayaran menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Kepelabuhaan guna memenuhi kebutuhan armada angkutan laut pada sub sektor perhubungan laut.

 

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang sebelumnya bernama BPLP mulai tahun akademik 1995/1996 membuka program diklat kepelautan dan kepelabuhan Diploma IV merupakan jenjang pendidikan profesional. Lulusan Politeknik IlmuPelayaran Semarang berhak diberikan sebutan Perwira Muda dengan gelar Sarjana Terapan Pelayaran disingkat S.Tr.Pel serta untuk gelar laut ANT III ( Ahli Nautika Tiingkat III ) dan ATT III (Ahli Nautika Tingkat III)

 

Dengan adanya peningkatan / kemajuan yang meliputi aspek program pendidikan, tenaga pengajar, lulusan, tenaga penunjang, sarana dan prasarana, maka sejak tahun 1951 terjadi perubahan pelembagaan hingga menjadi Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada tahun 1999 dan telah masuk white list International Maritime Organization (IMO) tahun 2000 dan diperpanjang tahun 2006 tidak serta merta pelautnya diakui kualitasnya, tetapi juga harus diikuti dengan kemampuan pelautnya untuk melaksanakan tugas sebagaimana keahliannya yang tertulis pada sertifikatnya.

 

Apa itu PIP Semarang? Ini Penjelasannya
Apa itu PIP Semarang? Ini Penjelasannya

Politeknik Ilmu Pelayaran mempunyai 3 program Studi:

NautikaProgram Studi yang nantinya setelah lulus menjadi Perwira Deck kapal

TeknikaProgram Studi yang nantinya setelah lulus menjadi Perwira Engineer Kapal

Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK)Program Studi yang nantinya setelah lulus menjadi Kepala Pelabuhan, Pimpinan Perusahaan Pelayaran serta Deputi Kementrian Perhubungan

 

Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang telah dididik dan dilatih dengan sistem dan metode pembelajaran yang ketat, mencakup aspek pengetahuan, pemahaman dan kecakapan, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Konvensi Internatioanl IMO STCW Convention 1978 dan amendemennya. Selain itu juga dilakukan pembinaan mental, moral dan kesamaptaan jasmanai secara terpadu baik melalui kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler.

 

PIP Semarang sebagai tempat pendidikan dan kompetensi lulusannya berkualitas dikonfirmasikan dengan terbitnya Sertifikat Akreditasi No SK. BAN-PT No. 363/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 tanggal 12 Desember 2018 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dalam sertifikat yang ditandatangani oleh Prof. T. Basaruddin, Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, dinyatakan bahwa Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Kota Semarang terakreditasi dengan peringkat "A".

 

Jika Anda benar-benar ingin masuk PIP Semarang, persiapkan diri dengan matang. Biasakan diri dalam tekanan belajar yang keras. Semoga Penjelasan PIP Semarang bisa menjadi gambaran dan motivasi Anda dalam belajar. Jika Anda merasa kesulitan belajar sendiri, tidak ada salahnya untuk mengikuti bimbel PIP Semarang yang sudah disediakan Brillo Course. Hubungi kami, dan kami siap membantu Anda. Sampai jumpa lain waktu!


Diskusi lebih lanjut? Yuk, Gabung Grup Telegram atau Grup WhatsApp Brillo Course!
"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
WA: 087763495838
Telp: (0274) 5027095
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

0 Komentar