Syarat untuk Masuk PIP Makassar

Syarat untuk Masuk PIP Makassar

Syarat untuk Masuk PIP Makassar

Oh! Selamat datang, para pembaca! Bagaimana kabar Anda-Anda sekalian? Saya harap baik-baik saja, ya. Saya sendiri merasa luar biasa pada hari ini. Terutama dengan mampirnya Anda kemari di jasakursus.web.id! Tempat dimana Anda bisa menemukan informasi terkini seputar jasa kursus  yang Anda sukai. Jika sebelumnya sudah ada Bimbel Satpam Aceh, maka sekarang akan kami sediakan informasi terbaru Masuk PIP Makassar untuk Anda semua. Tanpa basa-basi lagi, simak artikel berikut!

Tentang PIP Makassar

PIP Makassar dalam beberapa sumber sejarah yang ada, merupakan institusi pendidikan di bidang pelayaran atau maritim yang tertua di Makassar, Sulawesi Selatan, dan juga di kawasan timur Indonesia.

Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar merupakan perguruan tinggi vokasi ilmu pelayaran di Makassar. Awalnya pada tahun 1946 berdiri Sekolah Pelayaran Tingkat Lokal yang diberi nama Opleiding Scheepvaartschool Celebes atau OSC. Pada tahun 1950 Opeleiding Scheepvaartschool Celebes (OSC) diganti menjadi Sekolah Latihan Penyeberangan Laut Sulawesi (SLPS).

Berdasarkan surat keputusan Menteri Perhubungan Laut No.LP.1/1/2 tanggal 28 mei 1964 SLPS ditingkatkan menjadi Sekolah Pelayaran Menengah Makassar (SPMM).

Sejak tahun 1972 untuk menyesuaikan penggantian nama Kota Madya Makassar menjadi kota Madya Ujung Pandang, maka nama Sekolah Pelayaran Menengah Makassar dirubah menjadi Sekolah Pelayaran Menengah Ujung Pandang (SPM UP).

Berdasarkan SK Menteri Perhubungan No. KM 279/OT.001/Phb-79 tanggal 19 September 1979, Sekolah Pelayaran Menengah (SPM) Ujung Pandang ditingkatkan menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP) Ujung Pandang yang setingkat dengan akademi.

 

Syarat untuk Masuk PIP Makassar

Syarat-Syarat Masuk PIP Makassar

l  Warga Negara Indonesia

l  Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun, khusus untuk:D-II PKB , STTD minimal 17 tahun, D-III LLU minimal 18 tahun, D-IV LLU minimal 17 tahun

l  Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) pola pembibitan:

l  Yang bersangkutan dinyatakan lulus dan nilai rata rata ujian tertulis tidak kurang dari 70,00

l  Tinggi badan minimal pria 160 cm dan putri 155 cm, khusus untuk:

l  Program studi D-III PKP minimal 165 cm

l  Program studi D-IV Penerbangan pria minimal 165 cm

l  Program studi D-III OBU pria minimal 165 cm dan wanita minimal 160 cm

l  Fisik sehat, tidak cacat fisik dan mental, tidak bertato dan tidak ada bekas tato serta tidak bertindik di seluruh anggota badan, kecuali yang disebabkan oleh ketentua agama atau adat

l  Penglihatan normal tidak buta warna baik parsial maupun total

l  Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan

l  Belum pernah diberhentikan sebagai Taruna atau Taruni secara tidak hormat

l  Bersedia menaati segala peraturan pada pola pembibitan

l  Bersedia diberhentikan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan menjual belikan narkoba, asusila dan penyimpangan seksual

l  Dinyatakan gugur bila memalsukan identitas dan dokumen

l  Bersedia menandatangani Surat Pernyataan calon Taruna atau Taruni bermaterai Rp6000,-

l  Khusus program Study D-III PKP, berjenis kelamin pria

l  Khusus calon Taruna atau Taruni program studi di STTD, bersedia mengikuti pendidikan di kampus yang ditentukan oleh STTD

l  Memiliki e-mail yang masih aktif.

 

Masuk PIP Makassar bukanlah hal yang mudah. Kualifikasinya tidak bisa dianngap sepele dan banyak yang harus dipertimbangkan. Sebaiknya, persiapkan diri dengan matang. Biasakan diri dalam tekanan belajar yang keras. Semoga Syarat untuk Masuk PIP Makassar bisa membantu Anda mempersiapkan diri. Jika Anda merasa kesulitan belajar sendiri, tidak ada salahnya untuk mengikuti bimbel PIP Makassar yang sudah disediakan Brillo Course. Hubungi kami, dan kami siap membantu Anda. Sampai jumpa lain waktu!


Diskusi lebih lanjut? Yuk, Gabung Grup Telegram atau Grup WhatsApp Brillo Course!
"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
WA: 087763495838
Telp: (0274) 5027095
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

0 Komentar