Yang Harus Dipenuhi untuk Masuk IPDN

Yang Harus Dipenuhi untuk Masuk IPDN

Yang Harus Dipenuhi untuk Masuk IPDN

Selamat datang di jasakursus.web.id! Terpercaya untuk mengatasi masalah Anda. Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana masalah Anda bisa diatasi? Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana mencari solusi yang tepat untuk masalah Anda? Anda datang ke tempat yang tepat, karena kami adalah penyedia jasa kursus yang siap membantu menyelesaikan masalah Anda dan memberikan solusi terbaik.

Pada artikel sebelumnya sudah ada Materi Masuk STAN, maka sekarang akan kami sediakan informasi untuk Masuk IPDN untuk Anda semua. Tanpa basa-basi lagi, simak artikel berikut!

Tentang IPDN

IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

IPDN adalah penggabungan dari STPDN dan IIP. Berdasrkan Keppres No. 87 Tahun 2004, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan untuk menggabungkan STPDN dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) menjadi IPDN.

Berbeda dari perguruan tinggi pada umumnya, IPDN memberlakukan sistem kumpul-sebar-kumpul dalam pendidikannya. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan para Praja IPDN agar siap ditempatkan di manapun di seluruh Indonesia. Jadi, jika Anda bersekolah di IPDN, Anda bisa bersekolah sambil menjelajahi tempat baru yang mungkin belum pernah Anda kunjungi sebelumnya di Indonesia.


Yang Harus Dipenuhi untuk Masuk IPDN

Syarat-Syarat Masuk
IPDN

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta yang ingin mengikuti seleksi IPDN:

1.       Warga Negara Indonesia.

2.       Usia peserta seleksi minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun.

3.       Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm.

4.       Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan.

5.       Tidak bertindik atau memiliki bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi peserta pria, kecuali karena ketentuan agama/adat.

6.       Tidak bertato atau bekas tato.

7.       Tidak menggunakan kacamata atau lensa kontak.

8.       Belum pernah menikah, khusus bagi pendaftar perempuan belum pernah hamil atau melahirkan.

9.       Berijazah paling rendah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) termasuk lulusan Paket C, dengan ketentuan:

l  Nilai rata-rata ijazah minimal 70,00 untuk nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah

l  Nilai rata-rata ijazah bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat minimal 65,00 untuk nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah.

10.    KTP-elektronik bagi peserta yang berusia 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP-elektronik

11.    Berdomisili minimal 1 tahun di provinsi tempat mendaftar secara sah terhitung pada tanggal awal pendaftaran yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan Surat Pindah (bagi yang pindah tempat tinggal) serta dokumen lain yang berhubungan dengan domisili, apabila terbukti melakukan duplikasi/pemalsuan/rekayasa keterangan akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku.

12.    Surat Keterangan Kelas 12 SMA/MA yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau pejabat yang berwenang dan dicap/distempel basah.

13.    Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) khusus bagi peserta OAP yang ditandatangani oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota masing-masing dan mengetahui Ketua/Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP).

14.    Pakta Integritas.

15.    Surat Keterangan Bebas Narkoba yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Bhayangkara Polri/Badan Narkotika Nasional Provinsi/Kabupaten/Kota.

16.    Surat Keterangan Tidak Buta Warna yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah/Swasta.

17.    Alamat e-mail yang aktif.

18.    Pas foto berwarna ukuran foto 4x6 cm dengan menghadap ke depan dan tidak memakai kacamata, serta mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih polos dengan latar belakang merah.

 

Nah, para pembaca sekalian, sudahkah kalian menyiapkan diri untuk mempersiapkan Yang Harus Dipenuhi untuk Masuk IPDN? Kalau belum, maka jangan khawatir karena Brillo Course selalu siap membantu Anda! Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa lain waktu!


Diskusi lebih lanjut? Yuk, Gabung Grup Telegram atau Grup WhatsApp Brillo Course!
"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
WA: 087763495838
Telp: (0274) 5027095
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

0 Komentar