Materi Tes CPNS 2021

Materi Tes CPNS 2021

Materi Tes CPNS 2021

Selamat datang kembali di situs kami, Brillo Course. Kali ini kami akan berbagi informasi penting untuk Anda yang berniat mendaftar CPNS 2021 yang kemungkinan akan dibuka pendaftarannya pada awal april 2021. Kali ini Brillo Course akan membagikan informasi mengenai apa saja materi yang kemungkinan akan diujikan pada tes penerimaan CPNS 2021 mendatang.

Namun dalam artikel sebelumnya, kami juga telah membagikan informasi mengenai Bimbel CPNS Yogyakarta. Anda dapat membaca detailnya dengan klik link ini. Kemudian, apa saja materi yang akan diajukan pada Tes penerimaan CPNS 2021 mendatang? Rincian di bawah ini adalah beberapa materi yang banyak diujikan pada tes-tes penerimaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya.

Berikut kisi-kisi SKD:

1. Tes Wawancara Kebangsaan (TWK) yang terdiri dari soal-soal terkait:

§ Nasionalisme

§ Integritas

§ Bela Negara

§ Pilar Kebangsaan

§ Bahasa Indonesia

§ Pancasila

§ Undang-Undang Dasar 1945

§ Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

TWK bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa Indonesia. Materi nasionalisme masuk dalam tes TWK dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional. Sementara integritas tujuannya adalah mampu menunjukkan sifat atau keadaan yang menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, kewibawaan sebagai satu kesatuan.

Bela negara, tujuannya mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara. Pilar negara bertujuan membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Sedangkan adanya materi bahasa Indonesia bertujuan agar mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2. Tes Intelegensia Umum (TIU) yang terdiri dari soal-soal terkait:

§ Kemampuan verbal, terdiri dari kemampuan memahami analogis, silogisme, dan analitis. Analogi untuk mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain. Silogisme untuk mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan. Analitis untuk mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

§ Kemampuan numerik, seperti berhitung, perbandingan kuantitatif, deret angka dan soal cerita. Berhitung muncul dalam ujian untuk mengukur kemampuan hitung sederhana. Deret angka diujikan untuk mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka. Sementara perbandingan kuantitatif diujikan untuk mengukur kemampuan individu dalam menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif. Soal cerita muncul dalam ujian untuk mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.

§ Kemampuan figural yaitu kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Analogi diujikan untuk mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain. Ketidaksamaan diujikan untuk mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar. Sementara serial tujuannya mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

§ Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.

§ Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang terdiri dari soal-soal terkait:

§ Pelayanan Publik

§ Jejaring Kerja

§ Sosial Budaya

§ Kreativitas dan inovasi

§ Orientasi pada pelayanan

§ Orientasi kepada orang lain

§ Kemampuan beradaptasi

§ Teknologi Informasi

§ Profesionalisme

Setelah membaca ulasan materi tes CPNS di atas, sudahkah Anda mempelajarinya untuk tes CPNS mendatang? Atau bahkan Anda baru mengetahuinya sekarang? Jika begitu, maka sesegera mungkin Anda persiapkan diri mempelajari semua materi-materi tersebut agar Anda siap menghadapi tes CPNS. Jika Anda masih bingung bagaimana harus memulai mempelajari dan meyiapkan diri menghadapi tes CPNS, segera hubungi kami, Brillo Course. Karena kami adalah bimbingan belajar yang secara khusus akan membantu siapa saja yang hendak menghadapi tes penerimaan PNS. Masih ragu? Segera hubungi Brillo Course di nomor yang sudah tertera di website kami ya. Sudah banyak orang membuktikannya, segera menjadi salah satu bagian dari mereka. Ayo bergabung dan raih kesuksesanmu sekarang.


"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081390816250
CS 2: 081390816250
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

0 Komentar