Apa itu STIS? Ini Penjelasannya

Apa itu STIS? Ini Penjelasannya
Apa itu STIS? Ini Penjelasannya

Apa itu STIS? Ini Penjelasannya

Oh! Selamat datang, para pembaca! Bagaimana kabar Anda-Anda sekalian? Saya harap baik-baik saja, ya. Saya sendiri merasa luar biasa pada hari ini. Terutama dengan mampirnya Anda kemari di jasakursus.web.id! Tempat dimana Anda bisa menemukan informasi terkini seputar Jasa Kursus unggulan kami.

Pada artikel sebelumnya sudah ada Bimbel STIN & IPDN Ambon, maka sekarang akan kami sediakan informasi tentang Apaitu STIS untuk Anda semua. Tanpa basa-basi lagi, simak artikel berikut!

Tentang STIS

Berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata no. 64C, Jakarta Timur, STIS merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah Badan Pusat Statistik (BPS). Badan negara yang menyediakan kebutuhan data negara, seperti angka kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), jumlah penduduk, dan data lainnya.

Karena namanya politeknik, STIS hanya menyediakan jenjang untuk D3 dan D4. Kurikulum di sini mengacu pada perkembangan kependudukan, ekonomi, teknologi, sosial, dan informasi. Di STIS ada dua jurusan yang bisa Anda pilih. Yaitu Jurusan Statistika dan Jurusan Komputasi Statistik.

Tidak seperti universitas, SKS di STIS sudah dipaketkan. Artinya, Anda tidak bisa memilih mata kuliah sesuka hati. Suka tidak suka, semua mata kuliah itu wajib Anda ambil. Keuntungannya, Anda tidak perlu pusing bersaing dengan teman sejurusan untuk mengambil kelas mata kuliah favorit. Tapi, Anda tetap harus mengambil kelas yang tidak diminati.

Meski harus pakai seragam layaknya para aparatur negara, tapi sistem di STIS tidak berbasis kemiliteran atau semi-militer. Mahasiswa juga dibolehkan mengikuti kegiatan kampus seperti organisasi ataupun UKM. Ada banyak UKM yang bisa Anda pilih seperti Media Kampus, UKM Bimbel, UKM Kesenian, dan Olahraga.

Fasilitas di sini pun lengkap. Mulai dari perpustakaan, lab komputer, ruang kesenian, sampai ruang kelas full AC. STIS juga memberlakukan sistem presensi menggunakan sidik jari.

STIS membebaskan biaya untuk seluruh mahasiswa, mulai dari uang pangkal, uang per semester, dan biaya untuk PKL (persiapan, pemberangkatan, akomodasi, dan uang saku). Namun, biaya pendaftaran, pembelian seragam, kegiatan orientasi, dan buku penunjang perkuliahan tidak termasuk di dalamnya. Sampai tahun 2018, mahasiswa sekolah kedinasan mendapat “uang saku” yang dinamakan Tunjangan Ikatan Dinas. Tapi, mulai dari tahun ajaran 2019/2020, STIS menghapus tunjangan ikatan dinas untuk mahasiswa. Sehingga, setiap mahasiswa tidak lagi menerima uang apapun dari kampus.

Setelah lulus dari STIS, Anda akan mendapat gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat) untuk jenjang D3, dan Sarjana Terapan Statistik (S.Tr.Stat) untuk jenjang D4. Anda akan langsung diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk lulusan D3 akan masuk golongan II/c, dan lulusan D4 akan masuk golongan III/a sebagai Tenaga Ahli Statistika atau Komputasi Statistik di BPS/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Jika Anda benar-benar ingin masuk STIS, persiapkan diri dengan matang. Biasakan diri dalam tekanan belajar yang keras. Semoga Penjelasan STIS bisa menjadi gambaran dan motivasi Anda dalam belajar. Jika Anda merasa kesulitan belajar sendiri, tidak ada salahnya untuk mengikuti bimbel STIS yang sudah disediakan Brillo Course. Hubungi kami, dan kami siap membantu Anda. Sampai jumpa lain waktu!


"Untuk Portofolio Brillo Course bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO BRILLO COURSE"

Untuk pelayanan Brillo Course bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 081390816250
CS 2: 081390816250
Email: brillo.course@gmail.com

Salam hangat,

0 Komentar